Rabu, 04 November 2015

Bahaya Kafein Bagi Tubuh

Bahaya Kafein Bagi Tubuh


Berdasarkan penelitian, kopi mempunyai kandungan antioksidan yang lumayan tinggi, dan jika saja kopi dicampur dengan beberapa nutrisi dari makanan tertentu seperti gula ataupun susu dan moka, tentu akan lebih banyak manfaatnya bagi tubuh kita. Bahkan ada sebuah penelitian yang telah terbukti bahwa minum kopi sangat baik untuk otak kita, menjaga agar kulit tetap sehat, sangat baik untuk mereka yang sedang diet, dan beragam manfaat kopi lainnya.

Tapi walaupun minum kopi sangat bermanfaat, tetap saja harus ada pembatasan jumlah yang diminumnya tiap hari, karena segala sesuatu yang berlebihan, pasti akan membahayakan. Jadi, berapa banyak sebaiknya kita minum kopi yang ideal setiap harinya ? Berdasarkan sebuah lembaga,  Food and Drug Administration, bahwa mengkonsumsi 400 mg kafein per hari yang terkandung khususnya di dalam kopi, masih dalam kadar aman untuk orang dewasa. Jelasnya, kita hanya dianjurkan mengkonsumsi hanya 3-4 cangkir saja per harinya. Tidak boleh lebih dari itu ya.

Nah untuk anak-anak, harus dibatasi hanya sampai maksimal 100 mg saja per harinya. Ini maknanya, anak-anak hanya boleh minum satu cangkir kopi saja dalam sehari. Kalau kopi diminum secara berlebihan, maka jelas hal ini dapat membahayakan bagi kesehatan tubuh. Bahaya macam apa yang bisa ditimbulkan ? Berikut ini beberapa dampak buruk mengkonsumsi kafein pada tubuh manusia.




Jantung terasa berdebar-debar

Dampak mengkonsumsi kafein khususnya pada jantung akan berlaku secara stimulan dan efeknya akan meningkatkan sistem kerja saraf sehingga menjadikan kerja jantung lebih cepat berdetaknya. Hal ini sangat berbahaya khususnya untuk orang-orang yang sedang menderita penyakit jantung. Jadi jika sobat doyan kopi dan masih punya masalah dengan jantung,  sebaiknya minumlah hanya 1 cangkir kopi saja sehari, nggak boleh lebih

Menyebabkan kecemasan dan kegelisahan

Sudah sangat terkenal bahwa kopi mampu untuk membuat orang bisa terjaga alias begadang. Namun masalahnya ialah berapa banyak sih kopi yang mesti diminum untuk tujuan tersebut ? Telah diketahui di atas bahwa mengkonsumsi kopi secara berlebihan akan  menimbulkan efek peningkatan kecepatan denyut jantung serta peningkatan adrenalin. Peningkatan keduanya justru akan membuat orang semakin cemas serta bisa bereaksi secara berlebihan terhadap sesuatu dibandingkan dalam keadaan normalnya.

Kepala menjadi sakit

Walaupun mempunyai berbagai efek yang baik untuk kesehatan, tapi jika minum kopinya terlalu banyak tanpa aturan, maka sangat berpengaruh pada fungsi otak dan bisa menyebabkan kepala menjadi sakit. Hal ini merupakan efek stimulan serta diuretik yang menyebabkan otak harus bekerja full dan tentunya berakibat sakit kepala.

Perasaan lebih sensitif

Pernahkan sobat merasakan feeling kita terlalu sensitif sesudah meminum beberapa cangkir kopi ? Kafein pada kopi ternyata bisa merangsang otak dan persepsi seseorang terhadap sesuatu akan menjadi meningkat. Perkara ini akan membuat orang menjadi jengkel bahkan walau hanya hal-hal yang sangat ringan sekali pun.

Susah tidur

Susah tidur sebenarnya meruapakn salah satu efek minum kopi yang baik, karena biasanya orang minum kopi karena ingin begadang. Tapi hal ini dapat memburuk jika perilaku seperti itu terus dilakukan dari masa ke masa. Pecandu kopi di seluruh planet ini menggunakan kopi supaya tetap terjaga. Namun jika mengkonsumsinya terlalu berlebihan, maka kopi akan mengacaukan siklus tidur kita yang pada akhirnya kita tak mendapatkan waktu yang cukup utnuk istirahat di malam hari.

Sering bolak-balik ke WC

Kafein termasuk diuretik yang artinya ialah suatu hal yang menyebabkan kita sering buang air seni. Nah,  jika sobat meminum kopi lebih dari secangkir dalam sehari, berarti sobat harus rela bolak-balik ke WC untuk buang air kecil.

Adanya benjolan di payudara

Walaupun adanya benjolan di payudara ialah suatu hal yang umum terutama yang dialami para wanita usia reproduksi, tapi ternyata ada bukti-bukti yang telah membuktikan bahwa kopi betul-betul berperan dalam perkembangan tumbuh besarnya. Kista jenis ini bisa menyakitkan dan solusinya, cobalah bagi wanita yang doyan kopi, untuk segera mengurangi mengkonsumsi kopi dalam satu hari.

Menimbulkan dehidrasi

Seperti yang telah diutarakan di atas bahwa kopi adalah diuretik. Kita akan lebih sering buang air kecil tatkala kita mengkonsumsinya dalam jumlah banyak. Dengan seringnya buang air kecil, maka hal ini bisa menyebabkan dehidrasi dan juga mengganggu keseimbangan tubuh karena berkurangnya cairan berarti berkurangnya berbagai  vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Susah berkonsentrasi dan sering lupa

Minum kopi ternyata tidak membuat kita terbantu dalam berkonsentrasi. Hal ini tentu bisa merusak proses kerangka berpikir kita bahkan mungkin saja akan membuat kita tergagap. Efek kafeinlah yang menimbulkan rangsangan sehingga kerja otak terlalu banyak.

Meninggikan nilai tekanan darah

Mengapa kopi bisa meningkatkan tekanan darah  sesaat sesudakita meminumnya ? Karena kafein dikenal punya fungsi dalam melepaskan lebih banyak adrenalin sehingga menyebabkan proses metabolisme kita menjadi naik dan otomatis juga meningkatkan tekanan darah. Darah tinggi bisa juga terpicu karena minum kopi, terutama bagi orang yang memiliki riwayat penyakit kardiovaskular.

Menyebabkan luka lambung

Kafein juga bisa meningkatkan produksi asam lambung walaupun tidak secara langsung, bahkan hingga ke usus kecil. Oleh sebab itu, bagi mereka yang punya masalah dengan lambung, sadarilah hal ini, karena meminum kopi hanya akan memperparah lambung kita.

Timbul halusinasi

Kafein yang terkandung di dalam kopi termasuk obat psikoaktif. Sehingga bagi yang terlalu banyak ngopi bisa menimbulkan efek halusinasi.  Orang semacam ini seolah-olah bisa mendengar dan merasakan hal-hal yang tidak normal dan menimbulkan aneka macam ilusi lainnya.

Menyebabkan osteoporosis

Keterlaluan dalam mengkonsumsi kopi akan menyebabkan terhambatnya kemampuan saluran pencernaan dalam menyerap kalsium. Seiring dengan bertambahnya waktu, sejumlah kafein bisa juga mengurangi kepadatan mineral dlam tulang seseorang dan hal inilah yang bisa menyebabkan tulang keropos. Sifat diuretik kafein jugalah yang menyebabkan kalsium akan terbuang melalui buang air kecil yang terus menerus.

0 komentar:

Posting Komentar