Sabtu, 14 November 2015

Penyebab Jerawat Pada Wajah

Tersumbatnya pori-pori kulit wajah dengan kotoran merupakan keadaan yang menyebabkan peradangan dan bisa mengalami infeksi, masalah ini adalah jerawat. Banyak hal yang menjadi penyebab munculnya jerawat. Penyebab munculnya jerawat ini biasanya terjadi karena kombinasi dari perubahan hormonal dan juga kebersihan kulit yang kurang terjaga. Penyebab jerawat lainnya adalah karena disebabkan oleh terjadinya perubahan hormonal yang kemudian merangsang kelenjar dari sebasea atau kelenjar penghasil minyak yang ada dikulit.

Pada masa pubertas, kelenjar sebasea ini memang lebih aktif dan bisa menghasilkan minyak yang berlebihan juga. Minyak yang biasanya sering mengering, mengelupas, dan kemudian bakteri menjadi berkumpul di dalam pori-pori kulit dan akhinrya membentuk komedo. Komedo inilah yang menyebabkan tersumbatnya aliran minyak dari selubung akar ramut atau folikel ke pori-pori.
Penyebab munculnya jerawat karena penyumbatan terjadi sebagian, maka akan timbul bintil hitam, dan jika penyumbatan yang terjadi total, maka akan timbul bintil putih. Bakteri yang tumbuh di dalam pori-pori ini bisa menyebabkan penyumbatan dan kemudian menguraikan beberapa kemak di dalam minyak yang pada akhirnya bsia menimbulkan masalah iritasi kulit. Jerawat merupakan bintil hitam dan juga bintil putih yang mengalami iritasi. Jika infeksi dari iritasi yang terjadi pada jerawat semakin membruk, maka bisa berbentuk abses.

Penyebab munculnya jerawat adalah hormonal lain yang mengalami perubahan yang juga bsia menjadi salah sati faktor terjadinya jerawat. Hal ini biasanya terjadi pada saat menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, atau juga karena stress.

Makanan hanya sedikit memberikan pengaruh atau bahkan juga sama sekali tidak berpengaruh pada penyebab jerawat. Meskipun dari beberapa orang yang menderita jerawat beranggapan bahwa beberapa makanan bisa menjadi pemicu dari munculnya jerawat ini.
Dalam mengatasi masalah jerawat, sebaiknya jerawat jangan dipencet, karena bisa memicu terjadinya kerusakan pada kulit. Kulit yang rusak biasanya cenderung akan meninggalkan bekas luka yang awet atau permanen pada wajah. Jadi jangan pernah memencet jerawat, rawatlah kulit Anda sedini mungkin.
Jerawat adalah benjolan-benjolan yang terjadi pada kulit wajah yang timbul akibat terjadinya peradangan dari kelenjar unit pilosebaseus dan disertai adanya penyumbatan keratin pada kulit, Jerawat terjadi dan dan disertai adanya keratin yang terlepas dan tertumpuk di kulit yang menyebabkan tersumbatnya muara kelenjar unit pilosebaseus. Secara umum penyebab jerawat pada wajah adalah :
  1. Kelebihan produksi kelenjar minyak
  2. Penyumbatan saluran pembuangan kelenjar minyak pada permukaan kulit
  3. Bakteri yang menyebabkan terjadinya infeksi.
Mencegah terjadinya penyebab jerawat pada wajah adalah :
  1. Perbanyak minum air putih
  2. Banyak mengonsumsi makanan segar dan alami
  3. Hindari makanan yang mengandung bahan pengawet
  4. Olahraga secara teratur
  5. Hindari alkohol dan rokok
  6. Gunakan sabun pencuci wajah yang sesuai dengan jenis kulit
  7. Jangan menggunakan make up yang berlebihan
  8. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin A (wortel, ubi jalar, bayam, kol peterseli, dan apricot).
  9. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin B2 (ikan, susu, daging, telur, sayur hijau, dan buah)
  10. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin B3 (telur, kacang tanah, daging dan hati)
  11. Banyak mengonsumsi vitamin C dan makanan yang mengandung zinc
  12. Hindari stress
  13. Rajin berolahraga
  14. Hangan memegang jerawat dengan tangan kotor
  15. Hindari paparan sinar matahari secara langsung
  16. Obati dengan obat jerawat.
Perawatan untuk mengatasi penyebab jerawat pada wajah adalah dengan mencuci lobak secukupnya, kemudian parutlah lobak tersebut dan ambil airnya. Tambahkan cuka apel sedikit dan campur hingga rata. Oleskan pada jerawat, diamkan hingga mongering. Setelah kering, bersihkan dengan air. Lakukan secara rutin hingga jerawat teratasi. Ada juga masker alami yang dapat membantu menghilangkan jerawat adalah :
Bahan : ½ apel, ½ buah jeruk lemon yang diperas airnya, beberapa tangkai selederi.
Cara membuat masker adalah : belender apel dan beberapan tangkai selederi, lalu tambahkan perasan air jeruk leom. Oleskan masker tersebut pada jerawat. Diamkan hingga mongering. Lalu bilas bersih. Selederi bermanfaat untuk membantu mengurangi pembengkakan jerawat.
Ada juga obat jerawat yang lain yaitu :
  1. Sulfur atau belerang endap, hal yang harus diperhatikan adalah hindari kontak dengan mata, mulut dan mukosa. Sudah ditinggalkan penggunaannya kerena tersedia obat yang lebih efektif. Kegunaan obat adalag germisida, fungisida, parasitisida, keratolitik, efek samping iritasi kulit. Aturan pemakaian dapat dilakukan dengan dioleskan pada kulit yang berjerawat
  2. Resorsinol, hal yang harus diperhatikan adalah jangan digunakan jangka lama, karena dapat mengganggu fungsi tiroid. Jangan digunakan keseluruh wajah, hanya digunakan pada jerawat. Kegunaan obat adalah antifungi, antibakteri, kerratolik. Cara pemakaian dioleskan pada kulit yang berjerawat.
Noda bekas jerawat pasti sangat mengganggu kita para wanita pada umumnya, dan membuat sebagian besar wanita tidak percaya diri.Jadi, kita harus tahu bagaimanakah cara menghilangkan noda bekas jerawat dengan menggunakan cara dan bahan yang alami, terlebih bagi kita yang memiliki kulit wajah sensitif. Baca juga artikel tentang Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat

1 komentar: